Selasa, 28 Mei 2013

Kursus Drum


NOTASI PADA DRUM
    Penulisan notasi drums berbeda dengan penulisan notasi pada alat musik yang lain. Hal ini disebabkab karena drums merupakan alat musik percusi yang tidak bernada, sehingga penulisan not pada garis paranada bukan berdasar pada tinggi rendahnya nada melainkan berdasa pada jenis alat musiknya. Perhatikan gambar dibawah ini.
      Selain penulisan not, masih banyak atribut-atribut lain yang dituliskan sebagai tanda dengan berbagai macam fungsi dalam penulisan notasi drums,antara lain : tanda istirahat/ diam, tempo, tanda aksen, dan tanda aturan dalam bermain drums.
3.1. Tanda Aksen
       Aksen adalah ketukan/ tekanan kuat pada suatu not. Penulisan aksen dalam notasi drums adalah ditandai dengan tanda ( ), yang terletakkan diatas not. Jadi pukulan not yang beraksen adalah pukulan pada not yang ditandai dengan tanda ( ) diatasnya.
Contoh :

3.2. Tanda aturan dalam bermain Drums
      Selain tanda aksen, tempo, dan penulisan not seperti diatas,masih banyak tanda-tanda aturan lain yang perlu dituliskan dalam notasi penulisan drums. Tanda-tanda/ atribut tersebut antara lain adalah:
5.1.1. Latihan Dasar dengan Snare Drums

                                                       5.1.3. Latihan Dasar Hi-hat dan Bass Drum Latihan pola dasar

6. BERMAIN SOLO DRUM
    Setelah mempelajari latihan-latihan dasar, selanjutnya akan diperkenalkan pada tingkat ”Bermain Solo Drum”. Disini ditekankan agar pemain dapat memainkan semua bagian drum dengan baik. Karena, permainan solo drum ini merupakan perpaduan bunyi dari semua bagianbagian drum, sehingga akan menghasilkan suara yang bervariasi. Pada bagian ini akan anda pelajari teknik-teknik dan latihan dalam bermain solo drum.
6.1. Improvisasi
      Improvisasi adalah sebuah permainan pada sebuah not (bar) dengan variasi yang anda buat sensiri tanpa mengubah bentuk dasar ritme/ temponya.
6.4. Latihan Pukulan.
      Untuk menghasilkan suara yang benar-benar mantap, maka diperlukan latihan pukulan yang cukup matang. Karena penguasaan teknik memukul dalam bermain drum merupakan kunci keberhasilan dalam belajar bermain drum. Dibawah ini adalah latihan pukulan, jenis pukulan serta teknik pukulan yang perlu dilatih untuk memantapkan pukulan.
6.4.1. Pukulan pada tangan kanan

6.4.4. Teknik Pukulan.
6.4.4.1. Flame Adalah teknik dua pukulan yang hampir bersamaan suaranya, yaitu not kecil yang dimainkan pukulannya lebih lemah (lebih pelan) dan pada not aslinya lebih keras dan tegas. Perhatikan notasi dibawah ini.
Masih banyak sekali bentuk-bentuk latihan flame ini,anda bisa mengembangkan sendiri.
6.4.4.2. Drag Adalah teknik pukulan dimana dua not yang mengikuti aslinya dipukul lemah (pelan),sedangkan not aslinya dipukul / dimainkan keras dan tegas. Perhatikan notasi dibawah ini.
Latihan pukulam drag ini bisa anda latih serupa pada pukulan flame. Silakan anda latih dan dikembangkan sendiri.
6.4.4..3. Ruff Adalah teknik pukulan dimana terdapat tiga not kecil yang berada didepan not aslinya dipukul / dimainkan pelan, sedangkan not aslinya dimainkan keras dan tegas. Perhatikan notasi berikut.
6.4.5. Variasi Pukulan pada Snare dan Bass Drum.
         Bass drum pun bisa dimainkan dengan variasi seperti halnya snare drum. Perhatikan contoh dibawah ini.
Apabila anda latihan dengan menggunakan double pedal (kiri dan kanan), maka anda bisa melakukan latihan seperti dibawah ini.
6.5. Triol/ Triplet.
      Triol/Triple adalah sebuah pukulan ganda tiga dalam birama 4/4, setiap ketukannya terdapat tiga buah not yang masing-masing bernilai 1/4.
6.6. Fill-In
      Fill-in merupakan pukulan variasi untuk mengisi kekosongan sebagai suatu sisipan dalam lagu keberadaan fill-in ini akan menambah suasana lagu menjadi lebih hidup. Bentuk-bentuk fill-in bermacam macam, hal ini juga sangat dipengaruhi oleh kemampuan keterampilan dari si pemain juga. Namun sebagai acuan dalam berlatih maka bentuk-bentuk fill-in dibawah ini bisa anda pelajari dan selanjutnya silahkan anda kembangkan sesuai dengan kemampuan anda.

7. Pengenalan Gaya
    Perkembangan musik dewasa ini amatlah pesat, sehingga banyak tercipta irama-irama musik yang beraneka ragam bentuk serta pola ritmenya. Sebagai seorang pemain drum amatlah penting mengenal dan bahkan mempelajari irama-irama musik yang ada. Dalam buku ini disajikan beberapa jenis irama yang sudah sangat dikenal.

8. ETUDE
   Etude adalah komposisi musik yang dipersiapkan dengan tujuan untuk melatih keterampilan permainan alat musik.. Dalam permainan etude ini sudah merupakan rangkaian dari beberapa teknik. Dibawah ini disajikan beberapa etude untuk anda pelajari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar